RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH | : ............................................ |
MATA PELAJARAN | : BIOLOGI |
KELAS/SEMESTER | : X/ I |
POKOK BAHASAN | : VIRUS |
WAKTU | : 2 x 45 MENIT |
A. STANDAR KOMPETENSI
2. Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
B. KOMPETENSI DASAR
2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri , replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
C. INDIKATOR
1. Menjelaskan sifat-sifat virus.
2. Menyebutkan contoh-contoh virus yang berbentuk bulat, batang, oval, polihidris dan seperti huruf T.
3. Menyebutkan struktur tubuh virus.
4. Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian tubuh virus berdasarkan strukturnya.
5. Menyebutkan ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk, struktur dan fungsinya.
6. Menjelaskan replikasi virus.
7. Mengidentifikasi virus-virus yang berperan dalam kehidupan baik yang mengguntungkan maupun yang merugikan..
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa SMA kelas X semester I di harapkan mampu:
1. Menjelaskan dengan benar 2 sifat virus berdasarkan kajian literatur melalui metode tanya jawab.
2. Menyebutkan dengan benar contoh virus berdasarkan bentuknya melalui metode diskusi kelompok.
3. Menyebutkan dengan benar minimal 3 struktur tubuh virus berdasarkan gambar virus yang telah disediakan melalui metode diskusi kelompok.
4. Menjelaskan dengan benar fungsi dari bagian-bagian tubuh virus berdasarkan strukturnya melalui metode diskusi kelompok.
5. Menyebutkan minimal 4 ciri-ciri virus dengan benar berdasarkan ukuran, struktur, fungsi dan bentuknya melalui metode diskusi kelompok.
6. Menjelaskan pengertian replikasi virus dengan benar melalui metode diskusi kelompok.
7. Menjelaskan daur litik dengan benar berdasarkan tayangan video dan kajian literatur melalui metode.
8. Menjelaskan daur lisogenik dengan benar berdasarkan tayangan video dan kajian literatur melalui metode diskusi kelompok.
9. Membedakan daur litik dengan daur lisogenik secara tepat melalui metode diskusi kelompok.
10. Mendata minimal 3 virus yang mengguntungkan bagi manusia melalui metode diskusi kelompok.
11. Mendata minimal 3 virus yang merugikan bagi manusia melalui metode diskusi kelompok.
E. PENDEKATAN , MOTODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
Pendekatan pembelajaran : Kontruktivistik
Model pembelajaran : Kooperative Learning Numbered Heads Together
Metode Pembelajaran : - Tanya jawab
- Diskusi kelompok
- Presentasi.
F. MATERI PELAJARAN
Virus memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan kelomppok makhluk hidup yang lain. Dalam klalsifikasi makhluk hidup, virus dipisahkan menjadi kelompok tersendiri. Ilmu yang mempelajari virus disebut virologi.
Ciri virus meliputi ukuran, bentuk, struktur dan fungsi.
Virus memiliki satu ciri kehidupan yaitu reproduksi namun reproduksi hanya terjadi jika berada dalam organisme lain. Reproduksi pada virus dikenal dengan istilah replikasi virus. Reprodukis virus memiliki 2 siklus yaitu siklus litik dan lisogenik.
G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
Tahapan dan waktu | Kegiatan Guru | Kegiatan siswa |
Pendahuluan 10” | o Mempersiapkan peserta didik untuk mendalami materi yang akan di pelajari Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan model virus kemudian memberi pertanyaan, model apakah yang kalian lihat ini? o Melanjutkan pertanyaan ’mengapa kalian mengetahui bahwa model itu adalah virus?’ o Menulis topik yang akan dipelajari yaitu ‘struktur virus, cara hidup virus , dan proses replikasi pada virus’ o Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan siswa o Mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan ‘apa yang kalian ketahui tentang virus? | · Peserta didik mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran · Menjawab pertanyaan yang diajukan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ‘virus’) · Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ‘berdasarkan ciri-cirinya’) · Menulis topik yang akan dipelajari · Menulis tujuan pembelajaran · Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik dapat menjawab sesuai pengetahuan awal masing-masing yang mereka miliki) |
Kegiatan Inti Eksplorasi 30” | · Guru melakukan tanya jawab dengan murid tentang sifat-sifat dari virus. · Guru membagi siswa dalam kelompok dengan beranggota 4-5 orang . siswa dalam setiap kelompok mendapatkan nomor dada yang berbeda ( masing-masing anggota kelompok mendapatkan nomor 1, 2, 3,4 dan 5) · Membagikan modul kegiatan pembelajaran tentang struktur, fungsi, dan replikasi virus dan dibagikan ke masing-masing kelompok dan tiap anak mendapatkannya) · Selanjutnya guru meminta peserta didik memulai mengerjakan tugas yang diberikan dan memastikan setiap anggota kelompok dapat menggerjakanya dan mengetahui jawabanya. · Membimbing siswa dalam menjelaskan konsep dan membantu siswa yang mengalami kesulitan | · Siswa menjawab pertanyaan guru · Siswa duduk sesuai dengan kelompok yang telah dibagikan ,masing-masing anggota kelompok mendapatkan nomor dada dari 1, 2, 3, 4 dan 5) · Masing-masing kelompok mendapatkan modul yang berisi 5 pertanyaan · Masing–masing siswa dalam kelompok mengerjakan nomor soal sesuai dengan nomor dada yang di pasangan kemudian mendeskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat menggerjakanya dan mengetahui jawabanya. · Mengoreksi pekerjaan dan menyakan sesuatu yang belum mengerti atau belum jelas |
Ekspansi 30” | · Guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan membuka pertanyaan kepada seluruh siswa dalam kelas, kemudian guru meminta siswa yang nomor satu diminta angkat tangan · Menunjukan beberapa kelompok yang memegang no dada 1 (misalnya menunjuk 3 siswa yang bernomor dada 1), kemudian meminta siswa untuk maju ke depan dan membacakan hasil kerja kelompoknya · Selanjutnya menunjukan nomor 3 orang lagi yang bernomor dada 2 sampai seluruh tugas atau soal terpresentasikan. · Selama diskusi berlangsung guru, menjadi fasilitator dan motivator membimbing saat peserta didik melaksanakan diskusi kelas · Memberi penguatan dari hasil diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial) | · Masing-masing mempersiakan hasil kerja kelompoknya dan siswa yang nomor dada satu menggangkat tangan · Siswa yang di tujuk membacakan hasil kerjasamanya dalam kelompok, dan siswa lainya memperhatikan dan menanggapi jawaban yang di sampaikan oleh temanya. · Siswa yang ditunjuk guru membacakan hasilnya, secara berkelanjutan samapi seluruh tugas terpresentasikan · Siswa melakukan diskusi kelas sesuai dengan langkah kegiatan · Mencatat penguatan yang diterima dari guru |
Elaborasi 5” | Memberikan permasalahan pada siswa · Mengapa virus bukanlah sel? Berilah alasannya! · Membimbing siswa dalam merangkum materi pelajaran hari ini. | · Siswa menjawab persoalan guru · Siswa membuat kesimpulan tentang sifat, bentuk, struktur, fungsi, dan ciri-ciri virus dengan bimbingan dari guru |
Penutup 15 “ | · Guru mengadakan post test untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi yang dibahas hari ini. · Setiap kelompok yang telah dibentuk mendapat tugas dari guru untuk membuat poster tentang penyakit yang berkaitan dengan virus. Di dalam poster memuat tentang bahaya virus, cara penularan dan cara penanggulangannya. | · Menjawab pertanyaan yang di berikan guru · Siswa mencatat tugas yang diberikan oleh guru |
H . PENILAIAN
· Penilaian Kognitif:
Diambil setelah dari nilai modul, tugas terstruktur, post test dan ulangan harian dengan soal terlapir
· Penilaian Afektif:
Dilakukan selama proses pembelajaran dengan format terlampir
I. MEDIA/SUMBER BELAJAR PEMBELAJARAN
1. Sumber:
Susilowarno, R. Gunawan, dkk. 2007. BIOLOGI untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Grasindo.
Aryulina, Diah, dkk. 2007. BIOLOGI 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: ESIS.
Subahar Syamsudin, Suryati Tati .2008. Buku Kerja Biologi untuk SMA kelas X . Bandung: Quadra
Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Biologi untuk kelas X semester I. Penerbit Erlangga: Malang
2. Alat
Alat yang digunakan adalah: laptop dan LCD proyektor
3. Media
Gambar virus yang diperoleh dari literature dan browsing internet dan video tentang replikasi virus (siklus daur lisogenik dan daur litik).
Mengetahui, Malang, 7 Agustus 2012
Kepala Sekolah, Guru Bidang Studi,
Tidak ada komentar:
Posting Komentar