Senin, 10 September 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH
: ............................................
MATA PELAJARAN
: BIOLOGI
KELAS/SEMESTER
: X/ I
POKOK BAHASAN
:  VIRUS
WAKTU
:   2  x 45 MENIT


A. STANDAR KOMPETENSI
     2.  Memahami prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup    

B. KOMPETENSI DASAR
    2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri , replikasi, dan peran virus dalam kehidupan

C. INDIKATOR
1.      Menjelaskan sifat-sifat virus.
2.      Menyebutkan contoh-contoh virus yang berbentuk bulat, batang, oval, polihidris dan seperti huruf T.
3.      Menyebutkan struktur tubuh virus.
4.      Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian tubuh virus berdasarkan strukturnya.
5.      Menyebutkan ciri-ciri virus berdasarkan ukuran, bentuk, struktur dan fungsinya.
6.      Menjelaskan replikasi virus.
7.      Mengidentifikasi virus-virus yang berperan dalam kehidupan baik yang mengguntungkan maupun yang merugikan..

D.  TUJUAN PEMBELAJARAN
       Siswa SMA kelas X semester I di harapkan mampu:
1.      Menjelaskan dengan benar 2 sifat virus berdasarkan kajian literatur melalui metode tanya jawab.
2.      Menyebutkan dengan benar contoh virus berdasarkan bentuknya melalui metode diskusi kelompok.
3.      Menyebutkan dengan benar minimal 3 struktur tubuh virus berdasarkan gambar virus yang telah disediakan melalui metode diskusi kelompok.
4.      Menjelaskan dengan benar fungsi dari bagian-bagian tubuh virus berdasarkan strukturnya melalui metode diskusi kelompok.
5.      Menyebutkan minimal 4 ciri-ciri virus dengan benar berdasarkan ukuran, struktur, fungsi dan bentuknya melalui metode diskusi kelompok.
6.      Menjelaskan pengertian replikasi virus dengan benar melalui metode diskusi kelompok.
7.      Menjelaskan daur litik dengan benar berdasarkan tayangan video dan kajian literatur melalui metode.
8.      Menjelaskan daur lisogenik dengan benar berdasarkan tayangan video dan kajian literatur melalui metode  diskusi kelompok.
9.      Membedakan daur litik dengan daur lisogenik secara tepat melalui metode diskusi kelompok.
10.  Mendata minimal 3 virus yang mengguntungkan bagi manusia melalui metode diskusi kelompok.
11.  Mendata minimal 3 virus yang merugikan bagi manusia melalui metode diskusi kelompok.
E.  PENDEKATAN , MOTODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
     Pendekatan pembelajaran  :  Kontruktivistik
     Model pembelajaran           : Kooperative Learning Numbered Heads Together
     Metode  Pembelajaran       :   - Tanya jawab
                                                    - Diskusi kelompok
    - Presentasi.

F.  MATERI PELAJARAN
Virus memiliki ciri khusus yang membedakannya dengan kelomppok makhluk hidup yang lain. Dalam klalsifikasi makhluk hidup, virus dipisahkan menjadi kelompok tersendiri. Ilmu yang mempelajari virus disebut virologi.
Ciri virus meliputi ukuran, bentuk, struktur dan fungsi.
Virus memiliki satu ciri kehidupan yaitu reproduksi namun reproduksi hanya terjadi jika berada dalam organisme lain. Reproduksi pada virus dikenal dengan istilah replikasi virus. Reprodukis virus memiliki 2 siklus yaitu siklus litik dan lisogenik.

G. LANGKAH-LANGKAH/KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Pertemuan Pertama

Tahapan  dan waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan siswa
Pendahuluan
    10
o  Mempersiapkan peserta didik  untuk mendalami materi yang akan di pelajari
Memotivasi peserta didik dengan menunjukkan model virus kemudian memberi pertanyaan, model apakah yang kalian lihat ini?


o  Melanjutkan pertanyaan ’mengapa kalian mengetahui bahwa model itu adalah virus?’



o  Menulis topik yang akan dipelajari yaitu ‘struktur virus, cara hidup virus , dan proses replikasi pada virus’

o  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan siswa 
o  Mengeksplorasi pengetahuan awal peserta didik melalui pertanyaan ‘apa yang kalian ketahui tentang virus?
·      Peserta didik mempersiapkan diri untuk mengikuti pelajaran
·      Menjawab pertanyaan yang diajukan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ‘virus’)
·      Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik menjawab ‘berdasarkan ciri-cirinya’)

·      Menulis topik yang akan dipelajari


·      Menulis tujuan pembelajaran

·      Menjawab pertanyaan guru (harapan guru, peserta didik dapat menjawab sesuai pengetahuan awal masing-masing yang mereka miliki)
Kegiatan Inti
Eksplorasi
30”
·      Guru melakukan tanya jawab dengan murid tentang sifat-sifat dari virus.
·      Guru membagi siswa dalam kelompok dengan beranggota 4-5 orang . siswa dalam setiap kelompok mendapatkan nomor dada yang berbeda ( masing-masing anggota kelompok mendapatkan nomor 1, 2, 3,4 dan 5)

·      Membagikan modul kegiatan pembelajaran  tentang struktur, fungsi, dan replikasi virus  dan dibagikan ke masing-masing kelompok dan tiap anak mendapatkannya)

·      Selanjutnya guru meminta peserta didik memulai mengerjakan tugas yang diberikan dan memastikan setiap anggota kelompok dapat menggerjakanya dan mengetahui jawabanya.






·      Membimbing siswa dalam menjelaskan konsep dan membantu siswa yang mengalami kesulitan

·      Siswa menjawab pertanyaan guru
·      Siswa duduk sesuai dengan kelompok yang telah dibagikan ,masing-masing anggota kelompok mendapatkan nomor dada dari 1, 2, 3, 4 dan 5)
·      Masing-masing kelompok mendapatkan modul yang berisi 5 pertanyaan

·      Masing–masing siswa dalam kelompok mengerjakan nomor soal sesuai dengan nomor dada yang di pasangan kemudian mendeskusikan jawaban yang benar dan memastikan setiap anggota kelompok dapat menggerjakanya dan mengetahui jawabanya.
·      Mengoreksi pekerjaan dan menyakan sesuatu yang belum mengerti atau belum jelas
Ekspansi
30”
·      Guru meminta siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan membuka pertanyaan kepada seluruh siswa dalam kelas, kemudian guru meminta siswa yang nomor satu diminta angkat tangan
·      Menunjukan beberapa kelompok yang memegang no dada 1 (misalnya menunjuk 3 siswa yang bernomor dada 1), kemudian meminta siswa untuk maju ke depan dan membacakan hasil kerja kelompoknya



·      Selanjutnya menunjukan nomor 3 orang lagi yang bernomor dada 2  sampai seluruh tugas atau soal terpresentasikan.

·      Selama diskusi berlangsung guru, menjadi fasilitator dan motivator membimbing  saat peserta didik melaksanakan diskusi kelas


·      Memberi penguatan dari hasil diskusi kelas (contoh dalam memberikan penguatan pada konsep-konsep penting dapat dilihat pada materi essensial)
·      Masing-masing mempersiakan hasil kerja kelompoknya dan siswa yang nomor dada satu menggangkat tangan
·      Siswa yang di tujuk membacakan hasil kerjasamanya dalam kelompok, dan siswa lainya memperhatikan dan menanggapi jawaban yang di sampaikan oleh temanya.
·      Siswa yang ditunjuk guru membacakan hasilnya, secara berkelanjutan samapi seluruh tugas terpresentasikan
·      Siswa melakukan diskusi kelas sesuai dengan langkah kegiatan
·      Mencatat penguatan yang diterima dari guru

Elaborasi
5”
Memberikan permasalahan pada siswa
·      Mengapa virus bukanlah sel? Berilah alasannya!
·      Membimbing siswa dalam merangkum materi pelajaran hari ini.

·      Siswa menjawab persoalan guru
·      Siswa membuat kesimpulan tentang sifat, bentuk, struktur, fungsi, dan ciri-ciri virus dengan bimbingan dari guru
Penutup
15 “
·      Guru mengadakan post test untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi yang dibahas hari ini.
·      Setiap kelompok yang telah dibentuk mendapat tugas dari guru untuk membuat poster tentang penyakit yang berkaitan dengan virus. Di dalam poster memuat tentang bahaya virus, cara penularan dan cara penanggulangannya.
·      Menjawab pertanyaan yang di berikan guru

·      Siswa mencatat tugas yang diberikan oleh guru

                                                                    
H . PENILAIAN
·         Penilaian Kognitif: 
Diambil setelah dari nilai modul,  tugas terstruktur, post test  dan ulangan harian dengan soal terlapir
·         Penilaian Afektif:  
Dilakukan selama proses pembelajaran dengan format terlampir

I.  MEDIA/SUMBER BELAJAR  PEMBELAJARAN
1.       Sumber:
Susilowarno, R. Gunawan, dkk. 2007. BIOLOGI untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Grasindo.
Aryulina, Diah, dkk. 2007. BIOLOGI 1 SMA dan MA untuk Kelas X. Jakarta: ESIS.
Subahar Syamsudin, Suryati Tati .2008. Buku Kerja Biologi untuk SMA kelas X . Bandung: Quadra
Syamsuri, Istamar, dkk. 2007. Biologi untuk kelas X semester I. Penerbit Erlangga: Malang
2.      Alat
Alat yang digunakan adalah: laptop dan LCD proyektor
3.      Media
Gambar  virus yang diperoleh dari literature dan browsing internet dan video tentang replikasi virus (siklus daur lisogenik dan daur litik).



            Mengetahui,                                                                Malang, 7 Agustus  2012
            Kepala  Sekolah,                                                          Guru Bidang Studi,

         
           .............................                                                       .....................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar